Entri Populer

Senin, 27 September 2010

Ikan (Pisces)



Spesies ikan cukup banyak, ditaksir lebih dari 30.000 spesies yang berbeda-beda. Dengan ukuran yang bervariasi. Ikan terus tumbuh sepanjang umurnya, walaupun kecepatan tumbuh senantiasa berkurang.
Ikan menguasai lingkungan air dimana-mana.
Hanya molusca dan setaceae yang berhasil menyerbu daerah kekuasaannya.
Didaerah-daerah lokal belebihan ikan mencerminkan keberlebihan dan spesies plangton.
Pewarnaan
Beragamnya warna ikan disebabkan bayak faktor, seperti cahaya.
Ikan yang berenang di dekat permukaan laut berwarna kebiruan tau kehijauan sebelah atasnya, dan warna cerah bagian bawahnya. Yang hidup di daerah pantai kehijauan dan yang lepas pantai lazimnya biru.
Ikan di dasar laut, cenderung seragam warnanya, berbintik-bintik atau berburik dengan warna-warna netral untuk mengimbangi tipe dasar tempat ia didapati.
Ikan palung pasang yang hidup di terumbu karang atau tumbuhan laut warnanya cemerlang dan aneka ragam warnanya.
Ikan yang kebanyakan waktunya di kedalaman mesopelagik yang gelap, bisany merah apabila kelihatan cahaya putih. Namun sebagian ada yang tidak berwarna atau tembus pandang.
Diperairan yang sangat dalam yang sama sekali tidak menerima cahaya, kebnyakan berwarna hitam seragam selain dari alat-alat tubuhnya yang bercahaya
Pempigmenan ikan mempunyai fungsi perlindungan karena melindungi alat-alat vital dari kelebihan cahaya.
Warna menyolok dari spesies yang beracun, rasa yang menjijikan dan sengatan pertahanan yang dahsyat .
Ikan mempunyai warna penyamaran.
Pewarnaan dapat memainkan peranan penting dalam pengenalan spesies,
Penyesuaian untuk berenang
Kecepatan maksimum bagi ikan kecil adalah kira-kira sepuluh kali panjang badannya tiap detik untuk tembakan-tembakan pendek.
Species-species yang cepat berenang memperlihatkan pemulusan tubuhnya, untuk meminimkan perlawanan air. Daging ikan yang merah, merupakan suatu tanda bagi keaktifan tinggi dari ototnya.
Pengapungan dan pemeliharaan Paparan
Kebanyakan teleost, mengimbangi kepadatan tuubuhnya dengan sebuah gelembung udara. Ikan pemangsa yang kuat berenang, tidak memmiliki gelembung renang. Mereka mengorbankan daya apung untuk kecepatan dan kemudahan naik turun.
Indra penciuman dan persaan kimiawi
Persaan kimiawi atau indra cium tidak saja digunakan untuk mersakan makanan pada jarak-jarak yang jauh lebih jauh dari pada yang terlihat ikan itu dalam air khususnya dlam air yang agak gelap dan keruh, melainkan juga untuk berhubungan dengan perantara feromon.
Kebiasaan Makan
Ikan bisa makan plangton , biasanya memiliki cakar-cakar insang.kekasaran dan jumlah cakar-cakar insang yang mengindikasikan tentang makanan ikan itu.
Ikan pemakan bentos
Ikan pemakan nekton.
Ikan yang memangsai ikan lain.biasanya hanya memiliki cakar-cakar yang buntung atau tidak mempunyainya sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar